Pages

my plurk

Friday 13 April 2012

Mengapa video tidak dapat di putar di HP/Komputer?

Banyak orang yang menggunakan komputer, tetapi kebanyakan dari mereka tidak mengerti tentang software atau file file dari komputer, sehingga kadang mengalami kesulitan.
Teman saya memasukkan video kedalam HPnya setelah mendownload video tersebut dari www.youtube.com, tetapi video tersebut tidak dapat di putar. Lalu dia bertanya kepada saya, kenapa?

Alasannya ada beberapa, salah satunya adalah karena HP tidak disuport/di dukung format video/ektensi file videonya. Yang dimaksud format video adalah jenis video. Ada banyak format video misalnya, 3gp, FLV, Mp4, dll.

Untuk membedakan format video dapat dilihat dari nama di belakang titik,
  • Yui_Rolling Star.flv
  • Do As Infinity_Rakuen.Mp4
  • Peterpan_Menunggu Pagi.3gp
Kemudian muncul pertanyaan, lalu bagaimana cara video bisa di putar di HP?
Caranya dengan mengganti format video tersebut dengan format video yang di support oleh HP. Kebanyakan HP seperti Nokia, Sony Erison, Neksian, K-Touch, dll mendukung format 3gp. Tapi banyak juga HP yangmendukung format video lain seperti AVI, Mp4, Flv, dll. Untuk mengetahui format video apa yang di suport oleh HO kita, dapat dilihat pada deskripsi HP/ buku panduan HP.

Tapi umumnya semua HP mendukung format video 3gp, jadi misal anda tidak tahu format video apa yang di suport oleh HP anda, convert saja videonya ke 3gp.

Bagaimana cara convertnya? bisa menggunakan beberapa sofware. Saya merekomendasikan TVC untuk convert video. TVC mendukung berabagai format video, selain itu juga mudah penggunaannya. Untuk cara convert dan download softwarenya silakan kunjungi artikel "Total Video Converter"

Alasan kedua karena ukuran/resolusi video terlalu besar..
Alasan lain adalah player yang tidak mendukung format video, ini sama dengan alasan pertama. Pemutar video atau video player tidak selalu dapat memutarsemua ektensi file video, misal Window Media Playertidak dapat memutar video flv/ 3gp(apabila tidak dimodifikasi).

Nah misal komputer anda hanya mempunyai satu player saja saya merekomendasikan anda untuk menambah software pemutar video. Misal anda tidak mau menambah, silakan convert saja video yang anda ingin putar ke format video yang didukung player.

Beberapa pemutar video/musik :
  • Window Media Player
  • Winamp
  • Jet Audio
  • FLC

No comments: